Monday 23 September 2013

Otak Manusia

"Otak manusia adalah sistem alamiah yang paling kompleks yang pernah dikenal di alam ini; kompleksitasnya menyamai dan mungkin melebihi kompleksitas struktur ekonomi dan sosial yang paling rumit sekalipun. Otak adalah bidang ilmu yang baru."

Otak ??? 
Semua orang pasti sudah tau dan sangat dekat dengan kata-kata 'otak'.
Tapi, sebenarnya apa itu otak ?? Bagaimana pembentukannya??





Otak manusia merupakan sistem yang kompleks yang diorganisasikan dalam beberapa lapis. Otak terdiri dari neuron  dan jaringan neuron (struktur mikroskopis) dan organisasi yang lebih besar, struktur subcortical dan cortical.

Perkembangan otak dimulai dari akhir minggu ketiga di masa kehamilan. Otak manusia mengalami periode perkembangan yang panjang yang berlanjut sampai usia awal 20an. Pertumbuhan diotak itu sendiri adalah pemanjangan dan pencabangan axon neuronal (yang menambah dendrite dan synapse). Istilah pertumbuhan (growth) pada otak merujuk pada pemanjangan dan pencabangan serat saraf yang mengoneksikan sel-sel tubuh ke target. Selain pertumbuhan struktural, ada neurotransmitter yang membantu neuron dalam berkomunikasi satu sama lain, yang juga mengalami perkembangan timbul tenggelam, diataranya adalah glumate dan serotonin.

Konsep otak terdiri dari banyak organ, masing-masing bertanggung jawab atas reaksi tertentu. Pertama yaitu Broca, yang berperan penting dalam produksi ucapan. Yang kedua yaitu Wernicke,  yang berperan penting dalam memahami simbol dan ucapan lisan dan tertulis. Namun area otak lain juga terlibat dalam tugas-tugas tersebut. 

Kemudian ada juga perbedaan antara otak kanan dan otak kiri untuk menjelaskan tugas-tugas kognitif tertentu. Misalnya otak kanan mengontrol kemampuan musik, individu analitis lebih banyak menggunakan otak kiri, kreativitas lebih berhubungan dengan otak kanan.


Otak sangat berperan penting bagi indiviu. Karena otak merupakan kumpulan semua sistem saraf dan kumpulan dari pengendalian kognitif secara keseluruhan..



sumber:
  Gredler Margaret. 2011. Learning and Instruction Teori dan Aplikasi Edisi ke enam. Jakarta:Kencana

0 comments:

Post a Comment