Kelompok "Teori Kognisi Sosial Bandura"
Hasil diskusi
Ada berbagai macam teori pendekatan untuk pembelajaran. Salah satunya adalah teori kognisi sosial Bandura.
Berdasarkan hasil diskusi kelompok yang memilih lebih mudah untuk menggunakan teori kognisi sosial Bandura, dapat diambil beberapa kesimpulan :
- Lingkungan mempengaruhi proses belajar individu
- Dengan adanya suatu modeling itu dapat mempermudah individu dalam proses pembelajaran
- Pengaplikasiannya terlihat jelas di kehidupan sehari-hari
- Seperti ikan di laut. Maksudnya adalah tergantung pada individu bagaimana dia akan merespon lingkungannya.
Point penting dari teori Bandura mengenai pembelajaran :
- Observasi, yaitu merupakan proses mengamati secara langsung yang dilakukan oleh individu. Dimana individu mengamati dan memperhatikan lingkungan sekitarnya.
- Penilaian, yaitu suatu proses menilai apa yang telah diperoleh dari observasi individu terhadap lingkungan sekitarnya.
- Reaksi, yaitu suatu tindakan ataupun perlakuan individu. Dimana tindakan ini merupakan hasil dari observasi yang telah dinilai sehingga individu dapat berperilaku.
Secara filsafat konstriktivis-sosial terhadap teori kognisi sosial Bandura:
- Pengetahuan adalah hasil pembelajaran individu melalui proses yang diperoleh dari lingkungan.
Dimana pengetahuan ini dapat memberikan individu berupa informasi-informasi yang belum diketahui individu ataupun menambah informasi yang sudah diketahui individu sehingga dapat memperkaya pengetahuan individu.
- Belajar adalah proses bagaimana individu mengontruksi dan merekonstruksi pengetahuan berdasarkan penilaian yang didapat dari hasil observasi.
Dimana pada proses belajar ini, pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh direkonstruksi oleh individu itu sendiri, sehingga individu dapat merekonstruksinya.
- Lokus belajar adalah bagaimana individu bereaksi terhadap hasil observasi dan penilaiannya dari lingkungan.
Albert Bandura |
0 comments:
Post a Comment