“ untuk memahami
gagasan tentang belajar yang memadai, kita pertama-tama harus menjelaskan
bagaimana individu bisa mengonstruksi dan menciptakan, bukan hanya bagaimana
dia mengulangi dan meniru”
(Piaget,1970)
Pada 1920-an, muncul epistemology
(perkembangan) genetik Piaget, sebuah
analisi komprehensif terhadap pertumbuhan intelegensi. Karyanya terdiri dari
analisis pemikiran dan penalaran yang medetail.
Tujuan karya dari Piaget adalah
menemukan karakteristik logika alamiah-logika bertindak, berbicara, berpikir
dalam berbagai bentuk.bidang yang dibahasnya mencangkup bahasa dan pemikiran
anak, pemahaman anak tentang kausalitas dan dunia, perkembangan moral,
penalaran aritmatika, tahap-tahap dalam perkembangan kognitif bayi, komponen
pemikiran logis, dan analisis pemikiran pra-logis. Selain itu, periset yang
bekerja sama dengan Piaget di Geneva di Center for Genetic (development)
Epistemology melakukan ratusan eksperimen terhadap beragam aspek penalaran dan
pemikiran anak-anak.
Prinsip Perkembangan Kognitif
Fokus teori ini adalah menemukan
asal masal logika alamiah dan transformasinya dari satu bentuk penalaran ke
penalaran lain. Tujuan ini mengharuskandilakukannya penelitian logis pada bayi,
jenis penalaran yang dilakukan anak kecil, dan proses penalaran remaja dan
dewasa.
Asumsi teori perkembangan Kognitif Piaget
Pertanyaan
|
Sumber
|
Asumsi
|
Apa hakikat pengetahuan?
|
Filsafat
|
Pengetahuan adalah mengetahui, dan suatu proses
yang diciptakan melalui aktivitas pemelajar.
Pengetahuan berasal dari pengalaman
mentransformasi realitas melalui interaksi dengannya.
|
Apa relasi antara orang yang mengetahui dan
realitas?
|
|
a. Dalam penciptaan pengetahuan, individu dan
objek berpadu dan tidak dapat dipisahkan.
b. “hubungan antara pemelajar dan objek tidak
ditentukan sebelumnya dan yang lebih penting adalah relasi itu tidak stabil”
|
Apa hakikat kecerdasan?
|
Biologi
|
Kecerdasan manusia dan organism berfungsi serupa.
Keduanya adalah sistem teroganisasi yang secara konstan berinteraksi dengan
lingkungan. Mereka juga membangun struktur yang mereka butuhkan dalam rangka
beradaptasi dengan lingkungan
|
Apa metode investigasi yang tepat?
|
Psikologi
|
Observasi dan eksperimentasi
|
Transformasi dari salah satu
bentuk penalaran ke bentuk yang lain tergantung kepada empat faktor esensial,
yaitu lingkungan, kematangan, pengaruh sosial dan proses yang disebut
ekuilibrasi. Peran ekuilibrasi adalah untuk mempertahankan fungsi kecerdasan
ketika hal tersebut melakukan trasnformasi besar.
Butir utama dalam teori ini
adalah proses yang menjelaskan kemajuan dari satu taraf penalaran dan pemikiran
ke taraf yang lebih tinggi. Tiga konsep utama yang merefleksikan sifat
pemikiran logis di dalam teori Piaget adalah struktur psikologis dari pemikiran
logis, peran kemungkinan, dan keniscayaandalam memahami kejadian, dan peran
makna.
-
Struktur Psikologis. Unti dasar dari pemikiran
logis adalah aktivitas kognitif terntentu oleh Piaget disebut dengan operasi (operation), yang mengatur penalaran
logis dalam pemikiran yang luas. Tanpa ini, anak tidak mampu membedakan “antara
pengetahuan dan keinginan, fakta dan fantasi, atau antara apa yang seharusnya,
apa adanya, yang pasti terjadi, atau yang tidak dapat terjadi”
-
Perkembangan Struktur Operasional. Berkembang
secara perlahan selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun, dan perkembangan ini
membutuhkan beberapa reorganisasi pemikiran sebelumnya.
-
Peran kemungkinan dan keniscayaan.
Interdependensi faktor dan kebalikannya dalam mengilustrasikan konsep utama
dalam konsruksi struktur operasional : keniscayaan (necessity), yaitu menyadari bahwa hal-hal tertentu yang
diketahuinya benar.
Karya terakhir
Piagetr=menerangkan akar pemikiran operasional, yang ditemukan di awal tindakan
bati dan anak. Prinsip dasarnya adalah bahwa pengetahuan selalu menyangkut
inferensi, makna objek mencangkup tindakan yang dapat dilakukan, dan logika
dimulai saat anak mampu mengantisipasi hubungan antara tindakan. Namun, koneksi
logis awal si anak merupakan fragmen yang terikat konteks yang kelak akan
menjadi pemikiran operasional.
sumber:
Gredler Margaret. 2011. Learning and Instruction Teori dan
Aplikasi Edisi ke enam. Jakarta:Kencana
0 comments:
Post a Comment