Tuesday 24 December 2013

Testimoni Ujian Tengah Semester Psikologi Belajar :)

Testimoni Proses Ujian Tengah Semester (UTS)

"Psikologi Belajar" Secara OnLine


Ujian Tengah Semester Psikologi Belajar berlangsung tidak seperti mata kuliah lainnya, tidak seperti UTS yang dilakukan ataupun yang biasa dilakukan para dosen, guru atau bahkan mahasiswa lainnya. Ini jarang dilakukan, hanya beberapa dosen pengampu yang melakukan ini (khususnya Indonesia).

Ujian Tengah Semester (UTS) Psikologi belajar yang dilakukan tanpa tatap muka, tanpa harus menghafal semua materi pembejaran (hanya cukup memahaminya) tanpa menggunakan kertas dan pena, tanpa harus mengenaikan pakaian hitam dan putih, tanpa harus duduk di ruangan ujian dan pastinya tanpa bisa mencontek. Yang dilakukan saat UTS Psikologi belajar yang berlangsung selama tiga hari, dengan tiga pertanyaan, yang satu persatu pertanyaan muncul di email dan soal kedua akan muncul setelah menjawab soal pertama, begitu hingga soal ketiga. Saat menjawab soal pertama dosen pengamppu langsung memberi penilaian dan kemudain memberikan soal kedua. Begitu selanjutnya. Tiga hari deadline yang dilakukan dosen dengan tiga pertanyaan soal UTS, yang lebih membahas teori dan dikaitkan lebih kepada pengalaman. Proses ini lebih menambah wawasan, membuat para mahasiswa lebih peduli dengan kondisi dirinya dan lingkungannya, berpikir dan mencoba mengkaitkannya dengan teori-teori yang ada, disini mahasiswa jelas dituntut bukan hanya memahami teori yang sudah dipelajari, tapi juga mengajar dan mengajak mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan langsung ilmu yang didapat dengan teori pembelajaran yang ada. Selain itu, mahasiswa dituntut untuk bisa mengatur jadwalnya agar dapat menjawab soal sesuai yang ditentukan dosen pengampu.


Apabila dikaitikan dengan teori, proses UTS ini :
  1. Jika ditinjau dari Psikologi Gestalt yang dapat mempelajari secara keseluruhan, yaitu melalui model UTS yang seperti ini melatih keseluruhan dalam setiap individu, keseluruhan yang dimaksud adalah respon individu dalam setiap stimulus yang ada (soal) juga individu dilatih untuk peka dan memiliki perhatian khusus hingga dapat menyelesaikan UTS ini dengan baik. Selain itu, dalam Psikologi Gestalt di mana individu belajar dari stimulus yang diberikan oleh lingkungan, di dalam UTS Psikologi Belajar ini saya menjadi belajar untuk lebih memperhatikan lingkungan (email yang masuk), soal yang diberikan, keadaan online, menghandel kesibukan-kesibukan lain agar memiliki waktu untuk menjawab soal UTS dengan maksimal.
  2. Jika ditinjau dari Teori Berpenguat Skinner. Penilaian langsung pada saat soal-soal dijawab satu persatu, itu menjadi penguat positif bagi mahasiswa untuk bisa menjawab soal-soal dengan semakin baik.

Secara keseluruhan, saya sangat menikmati proses Ujian Tengah Semester Psikologi Belajar yang berlangsung secara OnLine. Menambah wawasan, penguasaan teori, pengaplikasian terhadap kehidupan sehari-hari dan menyenangkan pastinya.

 \ (^o^ ) /



0 comments:

Post a Comment